Kamis, 12 Maret 2009

PON 2012 di Riau

    Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 akan berlangsung di Riau. Beberapa kabupaten/kota di daerah ini siap menjadi tempat pelaksanaan pertandingan. Dari 12 kabupaten/kota,  menyusul disahkannya undang-undang pembentukan Kabupaten Meranti, hanya dua yang disebut-sebut tidak kebagian, yakni Indragiri Hilir, dan kabupaten terbaru Meranti. Sementara Indragiri Hulu yang sebelumnya menjadi tempat pertandingan olahraga dirgantara harus bersaing dengan Rokan Hulu yang juga berminat menyelenggarakan cabang olahraga tersebut. Yang menjadi masalah, sampai sekarang jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan belum ditetapkan. Rencananya penentuan cabang-cabang baru dilakukan di Rapat Kerja Nasional KONI Februari 2009 di Jakarta.
   Sekarang berkembang isu-isu pengurangan cabang olahraga yang dipertandingkan di pesta olahraga multieven terbesar di tanah air ini. Kabarnya hanya cabang olahraga olimpic yang akan tetap dipertahankan, semetara cabang lainnya harus ''menyingkir''. Riau sebagai tuan rumah sebenarnya sudah memiliki konsep cabang yang akan dipertandingkan di PON nanti. Hanya saja sampai saat ini, KONI Riau masih tutup mulut. Karena kalau konsep ini dipublikasikan akan menimbulkan berbagai tanggapan, terutama dari pengurus cabang olahraga yang tidak masuk.
    Sipatnya memang baru sekadar konsep. Yang memutuskan tetap Raparnas nanti.  Bisa dipastikan, di antara Raparna yang diikuti oleh KONI Pusat, KONI Provinsi, dan Pengurus Besar (PB) masing-masing cabang olahraga akan berlangsung ''panas'', terutama perlawanan dari pengurus cabang olahraga yang tidak termasuk dalam daftar peserta PON XVIII. Mereka akan adu argumen dengan KONI Pusat dan Panitia PON XVIII agar tetap diakomodir.
    Bagi Riau penentuan cabang yang dipertandingkan sangat mendesak. Tanpa kepastian itu, Riau tidak akan bisa membangun venue yang diperlukan. Apalagi jika memang venuenya harus dibagung dari awal. Saat ini memang sudah ada beberapa venue yang dikerjakan, bahkan sudah ada yang siap. Di antara yang sudah siap adalah, hall basket, kolam renang, lapangan bola (masih perlu tambahan lapangan).

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More