Jumat, 13 Maret 2009

Tiga Tim Terbaik Lolos ISL

Divisi Utama Tetap Gunakan Delapan Besar

Langkah PSPS untuk menuju Indonesia Super League (ISL) masih panjang. Selain harus menyelesaikan tujuh laga sisa putaran kedua, Askar Bertuah juga masih harus melewati putaran delapan besar, semifinal, dan babak final Divisi Utama Liga Indonesia 2008/2009.
Tim yang akan lolos ke ISL musim 2009/2010 akan ditentukan pada babak final. Juara, runner up, dan peringkat tiga langsung lolos, sementara peringkat empat harus melakoni babak play-off. Demikian dikatakan Direktur Badan Liga Indonesia (BL) Joko Driyono.
Dalam emailnya, Joko menjelaskan bahwa Divisi Utama tetap menggunakan babak delapan besar, semifinal, dan final. Tim yang lolos ke delapan besar adalah tim yang menempati posisi satu, dua, tiga, dan empat Wilayah Barat dan Wilayah Timur. Di delapan besar nanti lanjutnya, tim akan dibagi dalam dua grup, yakni A dan B. Untuk Grup A akan diisi oleh juara dan peringkat tiga Wilayah Barat ditambah peringkat dua dan empat dari Wilayah Timur. Sedangkan Grup B, diisi juara dan peringkat tiga Wilayah Timur plus peringkat dua dan empat dari Wilayah Barat.
Joko menjelaskan, peringkat satu dan dua masing-masing grup delapan besar akan lolos ke semifinal. ''Di semifinal menggunakan sistem silang. Juara Grup A menghadapi runner up Grup B dan juara Grup B lawan runner up Grup A,'' tulis Joko dalam emailnya.
Pemenang semifinal akan saling berhadapan di final untuk memperebutkan gelar juara. Sementara yang kalah juga bertanding sesama kalah untuk menentukan urutan ketiga.
''Juara, peringkat dua, dan tiga langsung lolos ke ISL, sedangkan di peringkat empat harus melakukan pertandingan play-off melawan peringkat 15 ISL sekarang,'' jelasnya.
Melihat sistem yang digunakan BLI, langkah PSPS untuk naik ke kompetisi paling elit di tanah air ini masih panjang. Sampai saat ini, tim asuhan Abdul Rahman Gurning tersebut belum memastikan diri lolos ke putaran delapan besar. Dengan tujuh laga sisa, PSPS bersaing ketat dengan Persisam, Mitra Kukar, Persikabo, Semen Padang, dan Persikab untuk merebut satu tiket dari Wilayah Barat.
Andaikan pun lolos, PSPS masih harus bersaing dengan tim-tim hebat lainnya untuk menembus babak semifinal, dan final.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More